Qur’an Schooling Middle Al Furqon Jember

Terkini.id, Jakarta – Sebagai bentuk upaya memelihara Al-Qur’an, Yayasan Al-Furqon Jember bekerjasama dengan Ummi Foundation dalam membangun sebuah lembaga yang dikemas khusus untuk menyiapkan guru Al Quran berkualitas dan berakhlak Qurani.

Dengan harapan, alumni dari lembaga tersebut dapat mengabdi di masyarakat untuk Mensyiarkan Al Quran sesuai dengan impian pendirinya.

“Sebaik-baik orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya” Ucap Agus Salim selaku pendiri lembaga QTC mengutip dari hadits Nabi Muhammad, dilansir dari channel Youtobe QTC Instruction Middle Alquran pada 22 Februari 2021 lalu.


Baca Juga: Bupati Bulukumba Hibahkan Gaji dan Tunjangannya untuk Guru Mengaji dan…

Lembaga ini menyelenggarakan pelatihan selama 6 bulan dengan mekanisme kegiatan sebagai berikut, Senin dan Kamis sebagai waktu pendampingan pembelajaran Al-Qur’an bagi SDM penyelenggara, Selasa serta Rabu pendampingan bagi anggota dari kalangan umum.

Untuk menjadi anggota dalam pelatihan ini, Yayasan Alfurqon melakukan penyeleksian melalui 2 tahap. Tashih (memastikan peserta bukan pemula) dan tahsin (pengelompokan).


Baca Juga: Oknum Guru Mengaji Dilaporkan Lakukan Pelecehan Seksual, Legislator Makassar Minta…

Pendaftar akan dinyatakan lulus apabila memiliki 3 standart kompetensi kelulusan yang telah ditetapkan yakni memiliki kemampuan membaca Al Quran baik dan benar, mampu menguasai teori dasar ilmu tajwid, dan memahami bacaan ghoroibul Qur’an.

Hingga saat ini lembaga yang diberi nama Qur’an Coaching Heart (QTC) ini telah meluluskan 3 angkatan sejak dicetuskannya pada tahun 2019 lalu.

Sebagian besar anggota datang dari kota Jember sendiri.


Baca Juga: Oknum Expert Mengaji Dilaporkan Lakukan Pelecehan Seksual, Legislator Makassar Minta…

Tak hanya diikuti oleh remaja, namun pelatihan ini juga diminati oleh para wanita dan lelaki yang berusia tak muda.

Lembaga binaan Agus Salim dan Nunun Fitriani ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi wadah bagi masyarakat khususnya di kota Jember untuk menghasilkan pengajar Al Qur’an yang berkualitas dan berakhlak Qurani sesuai dengan yang dicita-citakan.